12 Manfaat Penting Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil. Pisang merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Rasanya yang manis dan tekstur yang lembut mudah ditelan bagi balita maupun lansia. 

Buah ini memiliki rasa enak, rendah lemak dan bermanfaat bagi pencernaan. Sehingga harus dipertimbangkan untuk disertakan dalam menu makanan, apalagi jika kamu sedang diet. 


Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil
Tak hanya dikonsumsi untuk kesehatan, berbagai olahan pisang juga bisa menjadi cemilan yang nikmat dimanapun. Disamping rasa yang enak, kandungan buah pisang ternyata bermanfaat bagi ibu hamil lho!

Buah dan sayuran secara alami akan membantu pertumbuhan janin yang sehat. Nah, saat hamil, tentunya lebih selektif memilih makanan dan diharuskan mengkonsumsi makanan yang sehat. Manfaat pisang untuk ibu hamil tidak lagi menjadi rahasia umum. 

Buah pisang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, serat, air, protein, vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, kalium, magnesium, mangan dan folat. Oleh karena itu, buah ini sangat direkomendasikan bagi ibu hamil. Nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang sangat bermanfaat bagi janin dan ibu hamil.

Buah pisang mengandung 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Buah ini cocok sebagai pelengkap makanan sehat ibu hamil seperti daging, ikan dan sayuran. 

Buah pisang selama ini banyak digemari ibu hamil karena jarang menyebabkan mual. Bahkan menurut penelitian di US National Library of Medicine, pisang adalah buah segar yang paling sering dikonsumsi saat hamil dengan presentasi 95.4%.

Tak hanya enak, buah pisang juga mudah didapat. Menurut National Institutes of Health, wanita hamil dianjurkan makan pisang 3-4 biji setiap hari untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin. 

Pisang sangat bermanfaat karena mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, yaitu :
  1. Kalium : Meredakan gejala morning sickness, meringankan kram pada kaki, dan juga mencegah pembengkakan.
  2. Zat Besi :  Membantu mengedarkan oksigen, meningkatkan nafsu makan, memberikan tambahan sel darah merah.
  3. Asam Folat : Untuk pembentukan sel darah baru, dan juga gen.
  4. Vitamin B6 : Membantu mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.
  5. Vitamin C : Untuk pertumbuhan kulit, gusi, pembuluh darah, bahkan juga tulang.
  6. Protein :  Untuk pembentukan sel baru.
  7. Karbohidrat : Untuk penambah energi.

Setelah mengetahui kandungan buah pisang, kamu pasti bertanya-tanya apa saja manfaat pisang untuk ibu hamil. Mau tau?. Simak beberapa manfaat pisang berikut ini :

1. Mencegah Anemia

Anemia yang berkelanjutan bisa mengakibatkan komplikasi selama tahap akhir kehamilan dan hal ini umum dialami oleh ibu hamil. 

Manfaat buah pisang bagi ibu hamil yang cukup penting adalah memenuhi kebutuhan hemoglobin. Buah pisang mengandung rata-rata 3% zat besi di dalam 225 gr pisang yang mampu menghasilkan hemoglobin untuk mengurangi anemia. 

Selain itu pisang mengandung vitamin B6 yang berperan dalam neurotransmitter yang mampu meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dalam tubuh. Jadi, selalu sediakan pisang di lemari dapurmu ya!

2. Mengurangi Mual

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi morning sickness. Ibu hamil cenderung mual dan muntah yang berakibat tidak nafsu makan. Biasanya hal ini terjadi selama tiga bulan pertama. Dalam hal ini, pisang mampu mengurangi mual dan muntah  karena mengandung B6. Selain mudah dicerna, pisang yang kaya nutrisi juga cukup mengenyangkan.

3. Mencegah Sembelit

Sembelit sering terjadi pada ibu hamil akibat melambatnya pencernaan karena perubahan hormon dan ini merupakan gejala umum kehamilan. Pisang bisa mengurangi perut kembung dan menghaluskan gerakan usus karena setiap pisang mengandung serat sekitar 6 gr yang akan melancarkan pencernaan. 

4. Membantu Pencernaan

Selain mencegah sembelit, manfaat pisang bagi ibu hamil lainnya adalah mampu membantu gangguan pencernaan. Ibu hamil sering sakit maag dan gangguan pencernaan selama kehamilan karena janin yang tumbuh akan menekan perut. 

Pisang mengandung antasida yang akan menekan sekresi asam dan kaya akan pektin yang membantu menormalkan pencernaan pada motilitas usus. Ini bisa membantu mengurangi gangguan pencernaan sekaligus meringankan diare dengan cara menyerap kelebihan air yang ada di dalam tubuh.

Pisang dapat meningkatkan produksi sel-sel yang membentuk lapisan perut. Pisang menghasilkan pertahanan berupa lendir tebal terhadap asam, pisang membantu dalam menghilangkan bakteri yang menyebabkan radang perut

Jadi bukan saja untuk diet, manfaat pisang untuk hamil yaitu bisa mengurangi maag, diare, kram usus dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Menurunkan Resiko Bayi Lahir Cacat

Asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada bayi, khususnya pada tabung saraf dan otak. Hal ini bisa terjadi 3-4 minggu awal kehamilan pada ibu yang kekurangan asam folat. 

Buah pisang kaya akan asam folat yang berperan penting dalam perkembangan saraf, otak dan sumsum tulang belakang. Manfaat pisang untuk ibu hamil ini bisa mencegah bayi terlahir prematur serta resiko bayi lahir cacat.

Manfaat pisang untuk ibu hamil lainnya adalah kaya akan protein sebagai sumber kalori sekaligus pembentukan antibodi untuk janin dan ibu. Kekurangan protein bisa menyebabkan risiko bayi lahir dengan bibir sumbing. Protein alami dalam pisang adalah sekitar 2,5 gram per 225 gram pisang.

6. Sebagai Oralit Alami

Biasanya ibu hamil banyak kehilangan cairan. Biasanya ketika seorang perempuan kehilangan banyak cairan. Dalam pengobatan konservatif, elektrolit yang hilang harus menggunakan garam. Pisang bisa menjadi oralit bagi ibu hamil karena kandungan kaliumnya.

7. Menangkal Radikal Bebas

Ibu hamil dianjurkan untuk mendapat asupan vitamin C sekitar 80-85 mg per hari. Buah pisang mengandung vitamin C yang cukup tinggi sebesar 33% pada setiap buah. VItamin C ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, membentuk kolagen dalam tulang, tulang rawan, otot, kulit dan pembuluh darah. Sehingga penting bagi perbaikan jaringan, penyembuhan luka serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

8. Meringankan Kram Kaki

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah bisa meringankan kram kaki yang sering dikeluhkan. Pisang mengandung kalium yang bisa membantu meringankan kram kaki, sekaligus berperan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, membantu kerja otot dan saraf.

Seorang perempuan hamil harus mengkonsumsi setidaknya 4.700 miligram potasium. Mineral akan mengurangi efek samping yang tidak baik selama kehamilan, termasuk tingkat keparahan kram.

9. Mencegah Kaki Bengkak

Pembengkakan pada kaki wanita hamil disebabkan kurangnya potasium dalam tubuh. Pemenuhan potassium akan membantu mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Pisang dapat membantu mencegah dan mengurangi pembengkakan secara alami. Meskipun pembengkakan perlu diperhatikan sebagai pre-eklampsia.

10. Meningkatkan Energi

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah kandungan tiga gula alami, yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bertindak sebagai sumber energi. Pisang mengandung 28 gram gula di setiap 225 gram nya, sangat penting bagi wanita hamil untuk makan pisang setiap hari untuk kebutuhan energi. Bahkan, pisang yang dikombinasikan dengan segelas susu dianggap sebagai makanan lengkap.

11. Menjaga Kadar Gula dan Kolesterol

Bagi pengidap diabetes, sangat penting mengkonsumsi pisang saat masa kehamilan. Pisang sangat membantu mempertahankan kadar gula darah dan kolesterol yang tepat selama 



kehamilan jika dikonsumsi secara teratur. Untuk ibu hamil dengan kadar gula darah yang rendah menyebabkan mudah kelelahan dan murung sehingga hal ini dapat dikurangi dengan menyantap pisang.


12. Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan


Pisang mengandung komponen mineral seperti kalium dan magnesium. Sehingga aman bagi ibu yang sedang menyusui. Manfaat pisang untuk ibu hamil secara teratur dapat membantu menurunkan kegemukan pada perut, karena pisang dapat membuat proses metabolisme berlangsung lebih cepat. 


Selain itu, pisang dapat menghasilkan membran yang dapat melindungi usus, membantu menghancurkan racun dalam tubuh dan dapat merangsang agar dapat mencerna dengan lebih baik.

Itu adalah 12 manfaat pisang untuk ibu hamil yang penting untuk diketahui. Meski baik untuk ibu hamil, ada beberapa orang yang memang alergi pisang. Sehingga untuk menyiasatinya, bisa mengkonsumsi pisang organik yang bebas dari bahan kimia dan pestisida. 

Bagaimana?, Kandungan buah pisang yang luar biasa bisa membantu menjaga kesehatanmu dan janin untuk memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan. Jadi jangan lupa siapkan pisang di lemari dapurmu ya!. Semoga artikel Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel