8 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Kutu Beras

Cara Menghilangkan Kutu Beras. Beras adalah kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat di Indonesia. Seperti kata pepatah, 'belum makan jika belum makan nasi', beras memang dibutuhkan sewaktu-waktu, dimanapun berada. 

Sehingga, biasanya para ibu-ibu membeli beras dalam jumlah banyak dan disimpan untuk kebutuhan beberapa minggu. Beras yang biasa dibeli dalam jumlah besar tentu mengundang datangnya kutu. Terlebih jika tempat penyimpanan kurang bersih yang membuat kutu semakin nyaman berkembang biak. Nah, maka dari itu menyimpan beras tidak boleh sembarangan.

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Memang menyebalkan saat melihat beras yang putih dan bersih dikotori oleh kutu beras yang hitam di mana-mana. Menemukan kutu ketika mencuci beras memang biasanya sering terjadi. Selain tidak enak dipandang, kutu beras juga memakan isi beras, sehingga beras mengapung ketika dicuci. Kutu beras juga menyebabkan beras kehilangan nutrisi penting yang menyebabkan rasa berubah menjadi lebih tawar. 

Kutu beras (Sitophilus oryzae) sendiri adalah serangga atau hama kecil yang menyerang produk simpanan pertanian, seperti beras, gandum, dan jagung. Saat usia dewasa, kutu beras memiliki panjang sekitar 2 mm dengan warna badan kelihatan gelap/hitam. Meski tidak terlalu bahaya bagi manusia, kehadiran kutu beras dalam stok beras di dapur membawa sejumlah kerugian.

Tapi jangan kuatir, ada beberapa cara menghilangkan kutu beras yang cukup mudah dan bisa dicoba di rumah.

1. Jemur Beras di Tempat Panas

Salah satu mencegah kutu berkembang biak adalah dengan memaparkan beras ke sinar matahari. Hal ini baik untuk mencegah kelembaban ekstra yang membuat kutu nyaman berkembang biak. 

Letakkan beras di atas benda yang bisa menghantarkan panas, seperti selembar seng atau loyang. Jemur di panas matahari selama beberapa jam hingga kutu beras hilang sama sekali.

2. Tutup Pakai Lap atau Kain Basah

Kalau beras sudah berkutu, wadahkan ke dalam tampah atau wadah berdinding pendek lainnya, kemudian tutup menggunakan kain basah.Nantinya, kutu bisa menempel ke kain tersebut. Kutu beras ini menyukai daerah yang sejuk dan lembap.

3. Bekukan

Teknik menghilangkan kutu beras ini akan hampir serupa dengan membiarkan kutu berada di suhu panas, karena serangga juga tidak akan tahan dengan suhu dingin. Wadahkan beras ke dalam kotak penyimpanan lalu masukkan ke dalam lemari pendingin untuk membasmi kutu beras beserta telurnya. 

Diamkan beberapa jam kemudian keluarkan. Cuci beras sebelum dikonsumsi, buang kutu beras yang mengapung.

4. Tambahkan Kulit Kayu Manis

Menggunakan bahan dapur menjadi salah satu cara menghilangkan kutu beras yang sangat mudah. Letakkan kayu manis pada wadah penyimpanan beras dan cek kembali beberapa jam kedepan, kutu akan hilang dan tak akan kembali. Kebanyakan serangga tidak menyukai aroma kayu manis, sehingga rempah ini juga sering digunakan untuk mengusir semut.

5. Manfaatkan Daun Jeruk Nipis

Selain menambah cita rasa masakan, daun jeruk nipis berkhasiat mengusir kutu beras. Letakkan daun jeruk nipis pada 3 bagian, yaitu atas, tengah dan bawah sehingga kutu akan pergi. Beras akan menyerap kelembapan dan menyebabkan daun jeruk nipis mengering, tapi aroma daun jeruknya tetap bekerja mengusir kutu beras.

6. Gunakan Daun Salam dan Daun Pandan

Selain berfungsi sebagai penyedap masakan, daun salam bermanfaat untuk mengusir kutu pada beras. Aroma kuat yang dihasilkan daun salam dibenci kutu sehingga serangga ini akan pergi. Keringkan daun pandan atau daun salam lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras.

7. Taruh Cabai Kering

Cabai yang disimpan terlalu lama pun akan mengering, namun jangan buru-buru dibuang. Apalagi kalau beras di rumah sudah mulai muncul kutu. Masukkan sejumlah cabai kering ke dalam wadah penyimpanan beras, tunggu semalaman sampai kutu benar-benar hilang. Untuk hasil lebih maksimal, jangan buang cabai supaya kutu pergi dan tak kembali. 

8. Taruh Bawang Putih

Bawang putih memiliki aroma khas yang tidak disukai kutu maupun mikro organisme lainnya. Hal ini bermanfaat bagi cara penyimpanan beras untuk menghalau kutu dari baunya yang menyengat. 

Kupas bawang putih dan letakkan pada permukaan beras maupun ujung-ujung ruangan tempat beras disimpan. Cara menghilangkan kutu beras yang satu ini mungkin agak berisiko karena bisa mengubah rasa dan tekstur beras. Tapi layak dicoba. 

Cara-cara di atas sangat mudah efektif untuk diterapkan, murah, bebas racun, dan bahan-bahan dapur yang telah dipakai tetap bisa digunakan untuk memasak jika sudah tidak diperlukan di wadah penyimpanan beras lagi. 

Agar kutu beras tak semakin berkembang, sebaiknya simpan beras tanpa kutu yang sudah dibersihkan terlebih dahulu kemudian simpan pada rice box agar kualitas beras dapat terjaga dengan baik. 

Simpanlah beras di tempat yang kering dan jauh dari cipratan air maupun udara yang lembab. Suhu di bawah 17 derajat celcius membuat kutu tidak nyaman hidup dan tidak bisa berkembang biak.

Mencegah kutu beras memang lebih mudah daripada membasminya, jadi lakukan langkah-langkah pencegahan saat baru membeli sekarung beras agar tidak perlu repot gara-gara kutu di kemudian hari. Nah, semoga artikel cara menghilangkan kutu beras bermanfaat, sehingga anda bisa bangun pagi dan memasak tanpa gangguan kutu beras.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel