Cara Membuat Kue Bolu Kukus yang Praktis, Empuk dan Enak

Resep Kue Bolu Kukus. Kue Bolu Kukus pasti sudah tidak asing lagi di jagat Indonesia karena kue ini hampir selalu ditemukan di toko-toko kue dan biasanya juga disajikan di acara-acara pertemuan seperti arisan, pengajian, syukuran dan lain sebagainya.

 Kue bolu kukus memiliki bentuk yang cantik, tekstur lembut dan rasa yang enak. Tak heran banyak orang yang menyukai jenis jajanan satu ini. 

Resep Kue Bolu Kukus

Kue bolu tidak hanya muncul di dalam acara tertentu maupun kotak kardus syukuran. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah untuk cemilan keluarga. Tidak hanya kalangan dewasa saja, kue bolu juga disukai oleh anak-anak. Dengan resep kue bolu yang  sederhana, praktis dan mudah, kamu bisa membuatnya kapan saja, dimana saja. 

Berikut resep kue bolu kukus :


Bahan Kue Bolu Kukus :

  • 4 butir telur
  • 400 gr gula pasir
  • 500 gr tepung terigu protein sedang
  • 2 sdt ovalet/tbm/sp
  • 450 ml minuman soda (misal: sprite)
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdm pasta vanilla
  • 3 sdt pasta cokelat
  • 20-30 cup kertas kue bolu ukuran sedang

Cara Membuat Kue Bolu Kukus :

  1. Persiapkan cetakan kue bolu kukus yang berbentuk cup berbahan aluminium berlubang, lapisi dengan kertas kue bolu kukus.
  2. Persiapkan kukusan dan bungkus tutupnya dengan kain serbet agar nantinya uap air tidak jatuh ke adonan kue dan merusak kue. 
  3. Masukkan gula pasir, telur, dan ovalet ke dalam baskom. Lalu kocok dengan mixer berkecepatan tinggi selama kurang lebih 15 menit hingga mengembang dan kaku. Kecilkan mixer. 
  4. Masukkan terigu yang sudah diayak, baking powder, dan minuman soda berganti-gantian sambil terus dikocok perlahan sampai tercampur rata. Matikan mixer. 
  5. Ambil sedikit adonan, kira-kira 100 gram, dan beri pasta coklat. Aduk rata dan sisihkan. 
  6. Beri pasta vanilla pada sisa adonan yang lebih banyak, aduk hingga rata. 
  7. Tuang adonan putih ke dalam cetakan kue bolu yang tadi sudah dipersiapkan. 
  8. Tambahkan sedikit adonan cokelat di atasnya. Lakukan berulang hingga adonan habis. 
  9. Masukkan adonan siap kukus ke dalam panci kukusan. Pastikan kukusan sudah mendidih airnya agar kue dapat mengembang dan matang maksimal. 
  10. Kukus kue selama kurang lebih 15-20 menit sampai benar-benar mengembang dan matang. 
  11. Angkat dan lepaskan dari cetakannya.


Semua orang menyukai jajanan tradisional Kue Bolu Kukus yang sangat sederhana, mudah dan praktis tersebut. Kamu bisa menyajikannya di rumah atau dalam acara khusus. Mudah bukan! Semoga Resep Kue Bolu Kukus bermanfaat dan nantikan aneka resep masakan lainnya yang akan selalu diupdate!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel