Cara Membuat Kue Kastengel Keju Renyah

Resep Kue Kastengel Keju. Selain Putri Salju, Kue Nastar dan lainnya, kue kering Kastengel renyah ini yang berbentuk kecil dan rasanya gurih ini merupakan menu wajib yang biasanya ada di meja meja tamu. 

Dengan bentuk yang cantik, gurihnya keju dan bentuk mungil yang pas untuk dimasukkan di mulut menjadikan Resep Kastengel Keju menjadi salah satu daftar yang paling dicari oleh ibu ibu dan teman teman putri menjelang hari Raya.

Resep Kue Kastengel Keju

Membuat Resep Kue Kastengel Keju renyah sendiri di rumah merupakan salah satu pengisi waktu yang cukup menyenangkan. Selain bisa bereksperimen sendiri dengan menambahkan bahan bahan untuk hasil yang lebih enak dan renyah, kamu juga bisa sedikit berkreasi dengan menambahkan bahan lain atau membuat bentuk yang beda ukurannya. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan bahan Terigu Protein Sedang, proses pengadukan dan keju yang digunakan.

Bahan Kue Kastengel Keju :

  •  450 gram Tepung terigu. Pilih yang mempunyai kadar protein renda.
  • 1 sdt baking powder.
  • 100 gr margarin.
  • 200 gr mentega tawar atau mentega unsalted butter. Diparut.
  • 250 gr keju parmesan atau Keju Edam (bisa disebut juga keju tua, diparut)
  • 3 butir telur ayam. Dipecah dan diambil bagian kuningnya saja.
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • q sdt garam dapur beryodium.
  • 50 gr susu bubuk full cream.

Bahan Olesan :

  • 1 butir telur ayam. Ambil kuningnya.
  • 70 gr Keju Cheddar. Diparut.


Cara Membuat Kue Kastengel Keju

  1. Masukkan 200 gr mentega tawar, 100 gr margarin, 1 sdt garam dan kaldu ayam. Kocok dengan menggunakan mixer berkecepatan sedang sampai mengembang.
  2. Masukkan satu persatu 3 butir kuning telur ayamnya. Mixer lagi semua bahan sampai tercampur rata.
  3. Ambil wadah kedua. Masukkan 450 gr tepung terigu protein sedang dan 50 gr susu bubuk full creamnya. Aduk dan campur sampai rata dan ayak.
  4. Masukkan campuran tepung terigu, baking powder dan susu bubuk di atas ke dalam adonan utama sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Aduk terus menggunakan spatula atau tangan sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  5. Masukkan 250 gr keju parmesan atau keju edam di atas ke dalam adonan. Aduk terus semua bahan sampai rata dan terasa kalis.
  6. Cetak adonan sesuai selera. Biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran 0.8 cm x 5 cm. Taruh ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan sedikit margarin (supaya tidak lengket) dengan rapi. Jaga jarak antar kue tidak terlalu rapat.
  7. Panaskan oven sampai mencapai suhu sekitar 170 derajat celcius. Masukkan loyang yang sudah berisi cetakan kue ke dalam oven. Panggang sampai matang dan berwarna coklat muda.
  8. Sambil menunggu kue kering di loyang matang, siapkan bahan untuk olesannya. Ambil satu wadah kecil dan masukkan kuning telurnya. Tidak perlu di kocok. Ckup di aduk sebentar.
  9. Kue Kastengel yang sudah matang diolesi sedikit kuning telur di atasnya. Taburi dengan Keju parut di atasnya. Dinginkan sebelum dimasukkan ke dalam tempat kue. 

Mudah bukan?. Semoga resep Kue Kastengel Keju bermanfaat dan nantikan aneka resep masakan lainnya yang akan selalu diupdate!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel